CARA MEMBUAT EFEK API


cara membuat efek api dengan Photoshop CS3
Contoh efek api

 Nah berikut langkah-langkahnya :

1. Buka dulu Photoshop-nya ( ya tentu sajalah... maaf penulisnya agak error.. )

2. buatlah satu layer : File - New - lalu muncul box new layer. Atur ukuran Widht, Height, dan Resolution sesuai selera dan klik OK
3. Atur set foreground color menjadi warna hitam dan gunakan tools Paint Bucket ( atau tekan 'G') untuk mewarnai layer pertama tersebut.
4. Buat layer baru. Atur set foreground color menjadi warna putih dan pilih tool Brush (B). bikin satu garis seperti pada gambar dibawah. Ukuran garis terserah anda tapi jangan terlalu besar.

garis lurus sederhana :p

5. Nah dari sini kita akan membuat efek khusus kepada garis yang sudah kita buat diatas.
pilih menu Filter - Liquify (Shift+Ctrl+x) dan akan muncul box seperti ini :

Box pengaturan liquify
setting Brush Size, Density, dan Pressure sesuai kebutuhan atau biarkan saja sesuai default. Nah mulai deh kita gunakan daya imajinasi kita. bayangkan sebuah api dan sret sret sret.... bila anda sudah puas dengan hasilnya klik saja OK. dibawah ini salah satu contoh hasilnya


hasil proses liquify
6. saatnya kita memberi warna supaya 'api' kita tampak hidup. Pilih menu Layer - New Adjustmen Layer - Color Balance - muncullah box New Layer langsung klik saja OK.

color balance : memberi warna pada si 'api'


kemudian muncul box Color Balance. Pada kolom Tone Balance, pilih Shadows lalu atur Color Balance-nya, demikian juga option Midtones dan Highlights. Jika warnanya sudah sesuai keinginan kita, klik OK.

Box option Color Balance
  begini nih kurang lebih contoh hasilnya

efek api
kira-kira seperti inilah hasilnya (lumayan kan??)

7. Ulangi cara nomer 4 hingga nomer 6 beberapa kali ( sekitar 2-3 kali lg ) sehingga ada beberapa model api seperti gambar berikut
efek api
Hasil proses pengaturan liquify
efek api
Hasil proses pengaturan Color Balance
 8. Dan untuk finishing touch-nya, gabungkan saja beberapa layer gambar api tersebut. Maka hasilnya adalah.... taaaaaaaaaddaaaaaaaaa.......

bagaimana?? walaupun jauh dari kata keren tp ciamik kan? ^_^b
'Api' yang telah anda buat tersebut bisa digabungkan dengan gambar atau teks lain. Bisa dengan foto anda sehingga anda seolah-olah memegang api, atau dengan tulisan seperti berikut:

efek api
Contoh penggabungan dengan teks


Sekian sharing dari saya tentang Cara Membuat Efek Api... silahkan Sinichinet no nakama mencoba. tetap berlatih karena Practice Make Perfect (moga-moga gak salah nulis Inggris-nya :p)

0 komentar: